Kemarin ada temanku yang minta sharing cerita perjalanan usahaku. Katanya dia juga mau buka usaha, dll..
Memang banyak juga yang minta cerita, dll. Ga akan cukup satu kali aku cerita.. Sambil jalan aja, ya...

Saat ini aku punya usaha : bonekatangan.com, kostumanak.com, musikangklung.com, dan bbrp toko sampingan lainnya. Usahaku baru berjalan satu tahun lebih. Awal mulanya 2tahun lalu, aku ingin beli boneka tangan untuk anakku, Nada. tapi cari agak susah, modelnya juga sedikit banget variasinya, dan yang paling gimana gitu..adalah harganya mahal.

Aku kebetulan suka banget boneka tangan karena mungkin basic-ku di PGTK dan pendidikan anak. Padahal aslinya aku sarjana pendidikan Kimia UPI..Klo temen2 yang ga tau aku kuliah lagi, pasti heran kenapa aku jadi bisnis boneka, bukannya ngajar. Tapi itu pilihanku.Jadi dosen di PGTK dan bisnis.

Nah..lanjut. Aku ingin banget buat : "Boneka tangan lucu, variatif, bermanfaat, dan yang pasti harga murah!" Itu aja konsep awalnya.

Mulai deh aku coba tanya ke produsen boneka di deket rumah, karena sentra boneka kan di Sayati, dekat rumahku. Dengan modal awal 250ribu, aku coba buat boneka tangan dengan berbagai bentuk binatang, Alhamdulillah laku aku jual ke teman-temanku di PGTK. Tapi yang bingung ketika akan order lagi, tempat produksinya selalu penuh, sedangkan aku pesan tidak banyak karena modal terbatas, padahal aku yakin Insya Allah peluangnya sangat besar karena memang belum ada yang membuat dengan banyak variatif.

Aku berdoa, tahajud, minta petunjuk agar bisa jalan usaha boneka tangan ini. Alhamdulillah, Subhanallah Allah memberi petunjuk untuk terus membangun produksi boneka tangan dengan harga terjangkau, model bervariatif. Awalnya aku jualan ke TK-TK, keliling.. Kadang jalan, kadang naik motor pinjaman atau motor suami kalau tidak dipakai.. dan aku jualan sambil membawa Nada (anakku yang saat ini belum bisa berjalan, sekarang 2.5tahun). Panas-panas, berat.. Allahu Akbar kalau ingat perjuangannya. Tapi Alhamdulillah setiap TK yang aku kunjungi membeli (entah kasian karena aku bawa baby... :) ). Semua bilang mereka mencari dan sulit.

Alhamdulillah aku tidak lama offline, lalu jual online. Site pertamaku:
dari site itu, Alhamdulillah lumayan orang mulai mengenal, dengan produk masih buatan orang lain. Hingga temanku di detik.com meliput boneka tanganku karena memang baru. Lama-kelamaan kita produksi sendiri, desain aku sendiri.
kemudian aku buat Multiply:
kemudian buat co.cc : www.bonekajari.co.cc (tapi sudah habis berlakunya, tidak dilanjutkan karena agak ribet)
kemudian buat
dan beberapa blog
Alhamdulillah orang semakin mengenal.. dari bahan dan model yang terus kita perbaiki.
hingga Trans TV, Global TV, media lain Alhamdulillah tertarik untuk meliput, menggunakan produk-produk kita.

Alhamdulillah dari boneka tangan, aku kembangkan ke kostum anak, karena memang banyak yang mencari juga aneka kostum binatang dengan bahan bulu tapi harga terjangkau, bisa pesan sesuai keinginan juga. Dari kostum binatang, baru beberapa bulan ini dikembangkan ke kostum aneka putri, profesi, apapun kostum Insya Allah kita usahakan. Selanjutnya kita buat

Memang suka dukanya di dunia online ada saja.. Terutama produk kostum, karena sering kali mendadak, dst.. Lumayan juga kalau dibilang stress dengan jadwal karena kostum mau dipakai.. tapi menikmati :)

Kalau bicara omzet, Alhamdulillah.. walau masih kalah dengan toko OL lain.. Alhamdulillah berapa kali, berapa belas kali, atau berapa puluh lipat dari gaji PNS, ya.. :) Rahasia, ya.. :) (maaf.. karena banyak sekali org yg bertanya knp ga jadi PNS guru Kimia saja..) Yang pasti Alhamdulillah.. bisa bisnis di rumah, bisa masak, bisa menyusui anakku hingga 2tahun, bisa ngajar, bisa urus suami, bisa belanja, eh2.. dll..Katanya enakan 'pas-pasan', ya.. Pas butuh pas ada.. :)

So.. peluang besar bagi siapapun, ibu-ibu yang bingung mencari tambahan.. Ayo.. berapa banyak TK/ PAUD/keluarga di sekitar kita????


This entry was posted on 12:56:00 PM and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: